INSTRUMEN SUPERVISI
HASIL PEMBELAJARAN
SMP NEGERI 2 PURBALINGGA
TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Satuan Pendidikan : .....................................................................................
Mata Pelajaran :
.....................................................................................
Kelas/Semester
: ............................./ GENAP /
2020-2021
KD : .....................................................................................
Materi
Bahasan : .....................................................................................
Hari/
Tanggal : .....................................................................................
Alokasi
Waktu : .....................................................................................
Petunjuk pengisian
1.
Pemberian jawaban pada lembar
penilaian dilakukan dengan cara memberikan tanda check (√) pada kolom yang telah disediakan
2.
Ada empat alternative jawaban yang
tersedia, yaitu:
Keterangan |
Alternatif
Jawaban |
Skor
Item |
Sangat Lengkap |
SL |
4 |
Lengkap |
L |
3 |
Cukup Lengkap |
CL |
2 |
Kurang Lengkap |
KL |
1 |
3. Komentar
atau saran dapat ditulis pada tempat yang telah disediakan.
No |
Komponen
Penilaian Hasil Pembelajaran |
Ketercapaian
|
Keterangan/
Catatan |
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1 |
Melakukan
penilaian kompetensi sikap |
|||||
|
a. Mengembangkan
instrumen penilaian sikap oleh guru (jurnal sikap) |
|
|
|
|
|
|
b. Melaksanakan
penilaian sikap selama proses pembelajaran dengan teknik observasi dan
jurnal. |
|
|
|
|
|
|
c. Mengembangkan
instrumen penilaian diri dan penilaian teman sebagai bagian dari penilaian
sikap. |
|
|
|
|
|
|
d. Memfasilitasi
pelaksanaan penilaian diri dan penilaian teman selama proses pembelajaran
atau pada kesempatan khusus |
|
|
|
|
|
|
e. Menindaklanjuti hasil penilaian sikap oleh guru (laporan dan tindak lanjut lainnya, misalnya penguatan atau perbaikan sikap) |
|
|
|
|
|
2 |
Melakukan
penilaian kompetensi pengetahuan |
|||||
|
a.
Mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan
(tes lisan, tes tulis, penugasan) terdiri dari kisi-kisi, naskah soal, dan
kunci dan perskoran/rubrik |
|
|
|
|
|
|
b.
Melaksanakan penilaian pengetahuan selama
proses pembelajaran (tes lisan, tes tulis, penugasan) |
|
|
|
|
|
|
c. Melaksanakan penilaian pengetahuan berupa PH, PTS, dan PAS/PAT |
|
|
|
|
|
|
d.
Melaksanakan analisis/telaah kualitas
instrumen (konstruksi, materi, bahasa) |
|
|
|
|
|
|
e. Melaksanakan analisis hasil penilaian untuk remedial, pengayaan, perbaikan proses pembelajaran, atau pembinaan BK. |
|
|
|
|
|
|
f.
Menindaklanjuti hasil penilaian pengetahuan
oleh guru (laporan dan tindak lanjut lainnya, misalnya remedial atau
pengayaan) |
|
|
|
|
|
3 |
Melakukan
penilaian kompetensi keterampilan |
|||||
|
a.
Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan
(rubrik untuk: tes kinerja, produk, proyek) |
|
|
|
|
|
|
b.
Melaksanakan penilaian keterampilan yang
relevan selama proses pembelajaran atau situasi tes kinerja. |
|
|
|
|
|
|
c.
Menyusun portofolio peserta didik. |
|
|
|
|
|
|
d.
Menindaklanjuti hasil penilaian keterampilan
oleh guru (laporan dan tindak lanjut lainnya, misalnya remedial atau
pengayaan) |
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor per kolom (1, 2, 3, 4)
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor total perolehan |
|
|
|||
|
Ketercapaian
= skor perolehan/60 x 100 |
|
|
|||
Saran Perbaikan
|
||||||
Tindak Lanjut
|
Purbalingga, ............................
Guru Mata Pelajaran Supervisor
.............................................. ...................................................
NIP. ...................................... NIP. ...........................................
Kepala Sekolah
TITIK WIDAJATI, S.Pd., M.Pd
NIP. 19680619 199103 2 010
No comments:
Post a Comment